About Us

About Us :

Jurnalkumham.com adalah salah satu pionir media online di Indonesia yang menyajikan berita informasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik  Indonesia.

 

Selain menyajikan berita hasil liputan, JurnalKumham.com juga menampilkan replika dari berita-berita  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mulai dari berita pusat hingga wilayah.

 

Tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca JurnalKumham.com tentang layanan maupun kinerja dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terutama layanan Pemasyarakatan dan Imigrasi.

 

Dengan tagline “PASTI” yaitu singkatan dari Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif, JurnalKumham.com ingin memosisikan diri sebagai media yang selalu menyajikan informasi dalam perspektif yang obyektif, utuh, independen, tidak bias oleh berbagai kepetingan politik, ekonomi, dan kekuasaan.

 

Karena itu, JurnalKumham.com tidak hanya menyajikan informasi terkini dalam bentuk berita hardnews yang update mengikuti nature-nya media online, tapi juga berita utuh dalam berbagai perspektif untuk menjelaskan duduknya perkara sebuah persoalan yang kerap simpang siur.

 

Reportase utuh kami sajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari hardnews, softnews/feature, wrap-up berbagai isu yang disajikan tiap pagi, liputan khusus yang memberikan kelengkapan update informasi tiap saat, hingga liputan mendalam berupa long-form.

 

Di era digital dan media sosial saat ini, ketika kebenaran sulit ditemukan di antara lautan informasi, menemukan kebenaran menjadi sangat relevan. JurnalKumham.com tidak ingin menjadi bagian dari kegaduhan (noise) di media sosial. JurnalKumham.com berupaya memberi jawaban atas kegaduhan-kegaduhan itu (voice).

 

Selain memiliki ratusan reporter di berbagai pelosok Indonesia yang siap membuat karya-karya jurnalistik berdasarkan informasi di lapangan, JurnalKumham.com juga memiliki satu divisi media sosial, yang selalu memonitor percakapan media sosial secara real-time tentang pelayanan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

 

Tim media sosial memberikan hasil social media listening tersebut kepada tim redaksi yang kemudian dipakai untuk bahan mentah untuk diolah di dapur Newsroom.

 

Redaksi tak langsung menelan mentah-mentah apa yang dibicarakan di media sosial. Tim JurnalKumham.com terbiasa bekerja untuk memfilter informasi, baik informasi di lapangan maupun informasi di media sosial, apakah fakta ataukah hoaks. Kami ingin memastikan, JurnalKumham.com bisa menjadi referensi pembaca untuk memvalidasi apakah sebuah informasi itu hoaks atau bukan.

 

Demi mendapatkan kebenaran jurnalistik itu kami disiplin melakukan verifikasi atas fakta dan data yang kami dapatkan di lapangan atau di media sosial. Ada tiga hal yang menjadi perhatian dalam proses verifikasi: observasi lapangan, narasumber, dan data.

 

 

——————————————————————————————————————————————————————————————————

Redaksi :

 

Pelindung                           : Tuhan Yang Maha Esa

Pembina                             : Dr. Bambang Rantam Sariwanto, SH, MH

Penanggung Jawab            : Romi Yudianto, SH, MH

Pimpinan Redaksi               : Dr. Soekariyadi Adi Supikto, SH, MH

Wakil Pimpinan Redaksi     : Drs. Abdul Syukur Hasan, MH

Redaktur Pelaksana           : Tri Karyono Supriadi, SH

Sekertaris Redaksi             : Abu Fatih Ibrahim

Kepala Liputan                    : Sultan Maulana Iphank Ibrahim

Dewan Penasehat               : Zakaria, SH, MH., M. Tarmin Satiawan, S.Sos., M.Si., Moh. Waldy, SH, MH.

 

Reporter                               : Adi Manggala Putra, Randi Anggara, Sayyid Alfatih, Umar Fauzi,
                                                Abdul Rasyid, Abuzar Algifari, Muhammad Abdillah, Endiyanto,
                                                Fikri Ramadhan, Rudi Dwiyanto, Wawan,
Yogi Candra Leo Rizki,
                                                Rendy Victor, Tri Yudiono,
Dandy Catra Perdana, Deni Adriyanto.

Fotografer                            : Umar Fauzi

Teknologi Informasi             : Rudi Dwiyanto

Web Development                : Aditya Sulistiawan

 

Alamat Redaksi                    : Jl. Sedati Agung, No.3 – Juanda Sidoarjo

Telepon                                 : 031 – 99893038

E-mail                                    : redaksi@jurnalkumham.com

 

——————————————————————————————————————————————————————————————————