Dirjen Imigrasi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-73

JAKARTA – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 di lapangan  Gedung  Kemenkumham, Senin (12/11/2018).

Upacara diikuti seluruh pejabat dan pegawai Unit Utama Kemenkumham. Bertindak sebagai inspektur upacara Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie dengan membacakan pidato dari Menteri Sosial.

Ronny F. Sompie menyampaikan, pesan penting dalam Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara, namun harus sarat makna. Bukan pula sebatas prosesi, tetapi substansi. Setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan  peringatan  Hari  Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

“Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan,” ucap Ronny.

Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini.

Beliau juga mengajak para pemuda Indonesia sebagai generasi penerus agar mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

Indonesia memilki beragam agama, suku, adat istiadat. Pemuda Indonesia harus mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial merupakan keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia.

“Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karater lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial,” tambahnya.

Diakhir pidatonya Ronny F. Sompie mengajak kita semua berbuat yang terbaik bagi bangsa  ini dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. (Red/Kom).

 

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here