Dirjen PAS Apresiasi Produk Unggulan Narapidana Lapas Semarang di KASMEX 2018

SEMARANG – Berbagai produk unggulan karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang dipamerkan dalam kegiatan “Kabupaten Semarang Expo (KASMEX) 2018” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang, di Alun-Alun Bung Karno Ungaran, mulai Jumat (7/9) hingga Minggu (9/9).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, pun memberikan apresiasi saat mengunjungi stand Lapas Semarang pasca menjadi Keynote Speaker dalam Focus Group Discussion “Mewujudkan Strategi Kolaboratif Manajemen Pengamanan Lapas dan Rutan di Indonesia”, pada Jumat (7/9).

“Produk-produk yang dibuat oleh WBP merupakan hasil dari program pembinaan kemandirian WBP yang telah memenuhi syarat dan menjadikan Lapas Semarang memiliki program industri dalam lapas yang sedang digalakkan,” ujar Utami.

Produk yang dihasilkan oleh WBP Lapas Semarang antara lain batik, kaligrafi, sol sepatu, sandal hotel, keset, bantal hotel, rotan sintetis, dan handycraft. Dalam kegiatan industri dalam lapas tersebut, Lapas Semarang menggandeng pihak ketiga seperti CV Multi Talenta Abadi dan CV Property untuk memberikan pendampingan dalam proses produksi hingga pemasaran.

“Saat ini Lapas Semarang sedang dalam tahap pembenahan untuk membangun pabrik dalam lapas (workshop) dan menjadikan kantor bidang kegiatan kerja sebagai kantor marketing yang dilengkapi dengan ruang display seluruh produk WBP,” ungkap Utami.

Para pihak ketiga juga turut menampung dan memasarkan sebagian hasil produksi para WBP. Adapun beberapa produk yang dipasarkan secara mandiri oleh Lapas Semarang antara lain batik, kaligrafi, keset, dan handycraft. (*).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here