Ditjen PAS Sinergi Bersama Ditjen Dukcapil Pastikan Pemilu di Lapas dan Rutan

BATAM – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan bersama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) pastikan terlaksananya Pemilihan Umum (PEMILU) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) seluruh Indonesia.

Guna optimalkan pelaksaannya, Ditjen Pemasyarakatan selenggarakan simulasi dan optimalisasi perekaman E-KTP bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Batam, Senin (12/1).

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa sinergi antara Ditjen Pemasyarakatan dan Ditjen Dukcapil penting dilakukan guna terpenuhi hak-hak Narapidana dan Tahanan.

“Ia memastikan database kependudukan Narapidana dan Tahanan akan terinput semuanya, sehingga 17 April nanti hak konstitusional Narapidana dan Tahanan seluruh Indonesia tersalurkan”, ungkap Zudan.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan KTP Elektronik kepada Narapidana yang telah melakukan perekaman oleh Dirjen Pemasyarakatan dan Dirjen Dukcapil.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, menyambut baik pelaksanaan pemilu di Lapas dan Rutan.

“Kita berusaha semaksimal mungkin dari proses persiapan sampai pelaksanaannya agar bisa berjalan baik dan sesuai regulasi”, kata Utami. (Red).

- Advertisement -