Kanwil Kumham DKI Gencar Berikan Penyuluhan Masyarakat yang Sadar Hukum

JAKARTA –  Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah DKI Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Pembinaan Kelompok Kadarkum.

Hari ini, Rabu (14/11/2018), kegiatan Pembinaan Kelompok Kadarkum dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Pasar Minggu yang terletak di Jalan Raya Ragunan Jakarta Selatan.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM DKI Jakarta Baroto yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan ini tampak hadir dengan didampingi oleh Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum dan Bantuan Hukum Kanwil DKI Jakarta Erinawita.

Kegiatan Pembinaan Kelompok Kadarkum ini bertajuk “Melalui Pembinaan Kelompok Kadarkum, Kita tingkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat”.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta saat memberikan pembinaan kepada kelompok Kadarkum di Kelurahan Pasar Minggu menyampaikan bahwa, Desa atau kelurahan sadar hukum merupakan wujud nyata dari kesadaran hukum masyarakatnya.

“Maka untuk memenuhi kriteria-kriteria kesadaran hukum sebuah desa atau kelurahan, harus melalui proses panjang yang dimulai dari pembentukan kelompok kadarkum, kemudian dilanjutkan dengan berbagai kegiatan pertemuan seperti temu sadar hukum, ceramah, hingga lomba kadarkum,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk menciptakan kesadaran hukum masyarakat, agar masyarakat taat dan patuh terhadap semua aturan yang berlaku. Acara ini di buka oleh Plt.Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan yang akrab disapa Makmur dengan dipandu oleh Rodiah dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan yang sudah rutin dilakukan dan terus berkesinambungan dengan berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta, BPJS dan juga menggandeng narasumber dari Anggota DPRD.

Zainudin, anggota DPRD dari Komisi A, yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan beberapa pesan kepada Kelompok Kadarkum di Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan bahwa mematuhi segala aturan hukum itu dimulai dari kesadaran masyarakatnya. Dari unsur lainnya yang turut hadir sebagai narasumber Amel dari BPJS menyampaikan tentang peningkatan pelayanan masyarakat melalui BPJS Kesehatan. (red).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here