Penuh Prestasi, Kanwil Kumham Jatim Raih Nilai Tertinggi dalam Rapat Kerja Kemenkumham 2018

SURABAYA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur, meraih nilai tertinggi dalam Rapat Kerja Kolaborasi  Pengelolaan dan Supervisi Kinerja Kemenkumham Tahun 2018.

Rapat Kerja Kemenkumham Tahun 2018 itu, dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, pada Rabu (28/11) malam, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat.

Para Pimpinan Tinggi dari Unit Utama dan Kantor Wilayah di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM hadir mengikuti prosesi acara pembukaan rapat tahunan yang diagendakan berlangsung selama 3 (tiga) hari kedepan (28 hingga 30 November 2018). Diantara para tamu undangan, turut hadir Menteri Agama RI, Ketua Ombudsman RI, dan Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi dari 33 Kantor Wilayah di setiap provinsi.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman secara digital antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Kementerian Agama RI dalam menyelenggarakan pendidikan dan bimbingan keagaman bagi Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Baca : Kakanwil Kumham Jatim Apresiasi Inovasi Media Center Kanim Kediri

Di awal acara Rapat Kerja, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Bambang Rantam Sariwanto, menyampaikan laporannya terkait penyelenggaraan rapat akbar pencapaian target kinerja Kemenkumham 2018. Kemudian, dilanjutkan dengan menyaksikan capaian kinerja Kemenkumham selama empat tahun di bawah kepemimpinan Menkumham, Yasonna H. Laoly.

Baca : Sambut Hari Disabilitas, Imigrasi Surabaya Fokus Pelayanan Ramah HAM

Pimpinan tertinggi Kemenkumham RI secara resmi membuka rapat kerja yang mengambil tema “Always the Best”. Ia menyampaikan bahwa kinerja Kemenkumham sudah cukup baik, tetapi masih banyak pekerjaan rumah yang masih harus diselesaikan. Dengan prestasi yang diraih selama ini, terkadang rusak karena suatu perbuatan oleh beberapa oknum. “Gara-gara nila setitik, rusak susu sebelanga,” ujar Yasonna.

Baca : Menkumham Apresiasi Inovasi Layanan Paspor Imigrasi Tanjung Perak

Dalam kesempatan tersebut, Yasonna juga menekankan arti sebuah profesionalisme dan integritas diri dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca : Legitimasi Layanan Tanpa Pungli, Rutan Surabaya Luncurkan Program Self Service untuk WBP

Acara berlangsung semakin semarak dengan dilaksanakan pemberian penghargaan bagi beberapa Kantor Wilayah yang berprestasi. Salah satunya adalah Kanwil Kemenkumham Jatim yang meraih nilai tertinggi penilaian dari Ombudsman  RI sekaligus penghargaan, yang diterima secara langsung oleh Kakanwil Jatim Susy Susilawati.

Kanwil Kemenkumham Jatim mendapat penghargaan Pelayanan Berbasis  HAM di 9 UPT (7 UPT Imigrasi dan 2 UPT  Pemasyarakatan) dalam peringatan Hari HAM sedunia. Kemudian penghargaan kedua, sebagai Predikat Wilayah Bebas  Korupsi (WBK) pada 2 UPT yaitu Kanim Blitar dan LPP Malang. Selain itu, 1 SLTA perwakilan dari Jawa Timur yaitu SMAN 5 Kediri  Meraih Juara II  dalam LCC  peringatan Hari HAM sedunia melalui persaingan yang ketat dalam perolehan nilai.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Zakaria mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Kakanwil Jawa Timur yang telah membangun Sinergi dan Kolaborasi baik di lingkungan internal Kanwil Jatim maupun eksternal di lingkungan Instansi Pemerintah Daerah  Provinsi Jawa Timur , sehingga mendapatkan banyak prestasi yang membanggakan.

“Ini merupakan wujud sinergitas internal dan eksternal dari Kanwil Kemenkumham Jatim.. Kita patut bangga atas kerja keras secara bersama,” ujar Zakaria. (red)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here