POLTEKIP Adakan Seminar Tentang “Privatisasi Lapas/Rutan”

DEPOK – Sejumlah studi dan penelitian tentang tentang privatisasi “penjara” mengundang sejumlah perdebatan dan kontroversi. Terdapat beberapa definisi yang diberikan oleh para pakar tentang apa yang dimaksud dengan istilah privatisasi.

Seminar ini dilaksanakan dengan mengangkat tema “ Perspektif Pemasyarakatan Era Privatisasi Dalam Pendekatan Keilmuan Dan Praktik “. Kegiatan seminar ilmiah semacam ini, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara continue oleh Politeknik Ilmu Pemasyarakatan.

Selain sebagai kegiatan yang mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan seminar ini bertujuan untuk membahas isu-isu aktual yang sedang berkembang di Masyarakat terutama Pemasyarakatan dan Kementrian Hukum dan HAM.

Sebagai narsumber seminar adalah Prof. Adrianus E.Meliala, Prof.Dr.Sani Imam Santoso dan Drs. Dindin Sudirman, Bc.I.P., M.S.i. dan sebagai moderator adalah Dr.Rachmayanthy (Direktur Politeknik Ilmu Pemasyarakatan). Peserta seminar berasal dari berbagai element masyarakat yang meliputi Praktisi dan Pengamat Pemasyarakatan, Mahasiswa, Dosen, Ka UPT Pemasyarakatan Wilayah Jabodetabek dan Taruna POLTEKIP. Seminar dibuka oleh Ka.BPSDM dan acara diawali dengan penyampaian Keynote Speech oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan. Di Guest House BPSDM Hukum dan HAM (20/09/2018).

Secara umum, Kebijakan privatisasi dianggap dapat membantu pemerintah dalam pengelolaan anggaran yang lebih efisien dan profitable dengan melibatkan pihak swasta dalam pengelolaannya. Tema “Privatisasi Lapas/Rutan” dipilih karena secara garis besar Sistem Pemasyarakatan Indonesia masih belum mengenal Program privatisasi dalam pengelolaan Lapas/Rutan yang ada.

Jika privatisasi ini akan diterapkan dalam pengelolaan Rutan /Lapas di Indonesia, maka perlu dilaksanakan diskusi dan kajian secara berkelanjutan dan mendalam, mengingat konsep pelaksanaan privatisasi Lapas/Rutan di Indonesia pernah dilaksanakan sebelumnya.

Jika kita berangkat dari fenomena penerapan sistem pemasyarakatan dan kajian studi tentang privatisasi pengelolaan Lapas dan Rutan di Indoensia, maka Politeknik Ilmu Pemasyarakatan sebagai lembaga pendidikan tinggi bidang pemasyarakatan merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan kajian lebih mendalam tentang konsep “penjara swasta” (privatisasi Lapas/Rutan), jika sebagai suatu opsi pengembangan bahwa privatisasi Lapas/Rutan di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dan alternative untuk mengurangi permasalahan pemasyarakatan yang terjadi selama ini.

Kajian ilmiah tersebut nantinya dapat digunakan sebagai masukan atau saran dalam pengembangan sistem pemasyarakatan dimasa yang akan datang. (Red)

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here