Rayakan Hari HAM, Ditjen HAM adakan Lomba Cerdas Cermat HAM

JAKARTA – Meski mendung terus menggayuti langit Jakarta, tidak membuat ratusan pelajar SMU sederajat  yang sedang berkumpul di Kementerian Hukum dan HAM kehilangan keceriaannya.  Dalam rangkaian Hari HAM Sedunia yang jatuh pada tiap-tiap 10 Desember, Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal  HAM menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat HAM tingkat SMU sederajat, pada Sabtu (8/12/18), yang diikuti oleh 51 Sekolah se pulau Jawa, dari Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur mengirim perwakilannya.

“Ke depan kegiatan ini berskala nasional tidak hanya pulau jawa, sehingga nanti akan ada piala Menteri Hukum dan HAM,” ujar Sekertaris Jenderal, Bambang Rantam, ketika membuka lomba di Gedung AHU Kuningan Jakarta, yang disambut tepukan riuh peserta lomba yang masing-masing sekolah mengirimkan tiga siswa terbaiknya dengan didampingi seorang guru.

Baca Juga:  Sekjen Kemenkumham Buka Workshop Pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM Tahun 2020

Baca : Ditjen HAM Kerja Sama dengan UNHCR

Sekjen bertutur bahwa kegiatan lomba Cerdas Cermat ini merupakan titik tolak untuk terus kita sama-sama meningkatkan pemahaman HAM di masyarakat  Juga dalam rangka memeriahkan Hari HAM Sedunia yg jatuh setiap tanggal 10 desember.

Sementara itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, melalui perwakilannya yang hadir pagi ini, menyambut baik kegiatan dan kerjasama yang terjalin dengan Kemenkumham, serta berpesan agar  anak-anak peserta lomba disini tidak hanya belajar untuk mengikuti lomba cerdas cermat saja, tapi paham akan hak dan kewajibannya sebagai seorang anak,  bahwa hak asasi adalah sesuatu yang sudah melekat pada diri manusia,  dia sifatnya universal berlaku bagi semua manusia, tidak ada diskriminasi, kemudian hak asasi manusia bersifat sesuatu yang tidak boleh dirampas. (red)